Mengenali ayam bangkok secara detail


Pengertian Ayam Bangkok

Banyak pengertian ayam bangkok asli dan palsu. Ada yang menyatakan ayam bangkok asli adalah hasil perkawinan antara turunan ayam bangkok impor yang lahir di Indonesia, sedangkan yang palsu adalah peranakan atau blasteran antara ayam bangkok asli dengan ayam kampung lokal Indonesia.
Menurut pengalaman para peternak yang sudah lama menggeluti dunia ternak ayam bangkok mengatakan ayam bangkok asli adalah ayam bangkok yang diimpor/didatangkan dari Bangkok, Thailand daerah asalnya. Yang palsu atau peranakan adalah hasil kawin silang antara ayam jantan bangkok asli dengan ayam betina kampung / ayam betina lokal kita ataupun sebaliknya. Namun sekarang ini pengertian yang kedua inilah dianut oleh para penggemar sabung ayam.
Dalam laga ayam saat ini, tidak dipersoalkan lagi ayam bangkok ataupun ayam peranakan yang berlaga. Yang penting memiliki kemampuan dalam berlaga. Sudah tidak lagi menjadi pilihan dalam pertarungan haruslah ayam bangkok asli hal ini dikarenakan harganya yang mahal. 
Berikut ini akan dijelaskan ciri utama yang membedakan ayam bangkok asli dengan yang palsu:
Jika dilihat sekilas, ayam bangkok asli sangat mirip dengan yang palsu. Namun sebenarnya jika diamati dengan cermat, perbedaannya gamp[ang diketahui. Satu-satunya yang membedakan adalah sifatnya. Yang asli sangat gigih, bermental tarung yang kuat. Ciri utama yang membedakan adalah bulu-bulu halus berwarna kuning yang tumbuh pada ayam bangkok asli dan tidak akan didapati pada ayam bangkok palsu/peranakan. Bulu-bulu halus kuning itu disebut kemin. Walaupun pada masa ayam bangkok mengalami kerontokan bulu, bulu kemin ini tetap ada. Inilah ciri utama yang membedakan ayam bangkok asli dengan yang palsu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Jalu Renteng

Ayam Pertamaku